Jumat, 17 Juli 2020

Silabus Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar


SILABUS


Satuan Pendidikan
:
SMP Negeri 4 Malang
Mata Pelajaran
:
Matematika
Kelas/Semester
:
IX/1 (Ganjil)
Jumlah Pertemuan
:
(1 – 4 Minggu)
Standar Kompetensi
:
KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya


KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


KI-3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata


KI-4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Karakter
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal


2.1
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif dalam bermatematika



2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.3
Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas sehari-hari.
3.1
Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
ü  Bilangan Berpangkat
ü  Bentuk Akar

Teliti
Rasa ingin tahu


ü  Melalui membaca buku paket atau artikel peserta didik mampu menyebutkan pengertian; Bilangan Berpangkat Bilangan Easional.
ü  Melalui latihan berhitung peserta didik mampu menyelesaikan Operasi Hitung sederhana berkaitan dengan operasi hitung bilangan berpangkat bilangan rasional.
ü  Melalui PBL- online Peserta didik dapat Menyusun langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan berpangkat bilangan rasional dengan jujur, tanggung jawab, dan mandiri

Melalui Pembelajaran Online / BDR
ü  Melalui membaca buku paket atau artikel peserta didik mampu menyebutkan pengertian; Bilangan Berpangkat Bilangan Easional.






ü  Melalui latihan berhitung peserta didik mampu menyelesaikan Operasi Hitung sederhana berkaitan dengan operasi hitung bilangan berpangkat bilangan rasional.







ü  Melalui PBL- online Peserta didik dapat Menyusun langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan berpangkat bilangan rasional dengan jujur, tanggung jawab, dan mandiri

Sikap:
Observasi secara online
ü  Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasanmelalui Video/bahan ajar, atau presentasi peserta didik mengenai bilangan berpangkat dan bentuk akar

Pengetahuan
Penugasan
ü  Tugas terstruktur: LK 1
ü  Tugas mandiri tidak terstruktur: LK 2
ü  Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar


Keterampilan
Portofolio LK 3
ü  Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan pangkat dan bentuk akar kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan/dipresentasikan


1-4 mg
·   Buku Paket Bab 1 – 1.1 Bilangan Berpangkat
·   Video Pembelajaran Bilangan Berpangkat
·   Artikel Online (https://blog.ruangguru.com/bilangan-berpangkat-pengertian-dan-sifatnya ;
·   https://rumusbilangan.com/bilangan-berpangkat/ )
3.2
Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
4.8
Membuat dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan nyata


                        Mengetahui,

Malang, 28 Juni 2020
Guru Mata Pelajaran Matematika Kelas 9

Tidak ada komentar: